Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi

Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi,- Asam lambung tinggi adalah suatu kondisi meningkatnya asam lambung karena gangguan di lambung. Naiknya asam lambung dapat menyebabkan penderita mengalami rasa perih pada bagian lambung, rasa tidak nyaman dikerongkongan, dengan rasa seperti terbakar sehingga kesulitan jika menelan makanan.

Sebenarnya asam lambung tinggi dapat dicegah dengan menghindari makanan pedas, asam, dan berlemak tinggi. Karena makanan yang rasanya asam bila dikonsumsi pada saat sakit lambung maka akan membuat kadar keasaman pada lambung tidak seimbang. Selain itu, penderita juga harus menghindari minuman bersoda. Sebab minuman bersoda mengandung karbon yang dapat meningkatkan kadar asam pada lambung yang memicu asam lambung tinggi.

Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi

1.Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi asam lambung tinggi. Maka dari itu melakukan diet yang sehat dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya serat dan karbohidrat kompleks mampu mengontrol gula darah dan membakar lemak dalam tubuh.

2.Kurangi konsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung tinggi

Asam lambung tinggi dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya asam lambung tinggi, makanan tersebut diantaranya makanan yang rasanya pedas, asam dan berlemak tinggi.

3.Minum air putih yang cukup

Dehidrasi atau disebut huga dengan kurang cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi peningkatan asam lambung tinggi. Akan tetapi terlalu banyak minum juga membuat lambung cepat penuh dan berakibat naiknya produksi asam lambung. Maka dari itu harus dapat mengontrol saat kita minum, misalnya minum satu jam sebelum makan.

4.Mengurangi karbohidrat

Mengurangi makanan yang mengandung gula dan makanan tinggi karbohidrat bisa mengurangi gejala asam lambung tinggi. Sebuah studi penelitian menyimpulkan bahwa karbohidrat sangat berperan memicu asam lambung dibandingkan dengan kopi ataupun lemak.

5.Cukup tidur

Orang yang sering bergadang pada malam hari cenderung lebih rentan mengalami asam lambung tinggi / naik. Maka dari itu usahakan tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam setiap harinya secara teratur.

6.Hindari stress

Stres dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit seperti hipertensi, dan termasuk juga asam lambung tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar